Hari Kebangkitan Nasional 2019, Jeffray : Pertahankan Semangat dan Budaya Gotong Royong

WARTABORNEO.COM-Kebangkitan Nasional Indonesia adalah periode pada paruh pertama pada abad ke-20 dimana banyak rakyat Indonesia mulai tumbuh kesadaran nasional sebagai ‘orang Indonesia.’ Masa ini ditandai dengan dua peristiwa penting yaitu berdirinya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908 dan Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928.

Oleh sebab itu, setiap tanggal 20 Mei diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional. Dan untuk Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2019 mengusung tema “Bangkit Untuk Bersatu.” Tema yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan NKRI.

Menurut Ketua DPRD Sintang, Jeffray Edward tema “Bangkit Untuk Bersatu” adalah tema yang sangat bagus dalam Peringatan Hari Kebangkitan Nasional. Tema ini harus diimplementasikan dalam semangat gotong royong yang sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia.

Semangat gotong royong, lanjut politisi PDI Perjuangan ini diakui sangat dirasakan besar manfaatnya bagi persatuan bangsa.

"Itu lambang persatuan bagi masyarakat. Jiwa gotong royong adalah marwahnya bangsa Indonesia," ujarnya, Senin (20/5/19)

Jeffray sangat menekankan pentingnya semangat gotong royong guna memupuk rasa persatuan dan kesatuan. Terutama setelah masa Pemilihan Umum 17 April 2019 yang menguras banyak energi dan emosi.

"Kita berada dalam situasi pasca-pesta demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat kita. Kita mengaspirasikan pilihan yang berbeda-beda dalam pemilu, namun semua pilihan pasti kita niatkan untuk kebaikan bangsa. Oleh sebab itu tak ada maslahatnya jika dipertajam dan justru mengoyak persatuan sosial kita," ungkapnya.

Menurut Jeffray, NKRI dibangun dari keberagaman dalam landasan Bhineka Tunggal Ika. Perbedaan suku, ras, dan agama bukan pemecah tetapi justru menjadi alat pemersatu dalam keberagaman. Dirinya menganalogikan sifat keanekaragaman di dalam tubuh masyarakat dan kebudayaan Bangsa Indonesia dapat disamakan dengan sebuah lukisan mozaik dimana secara keseluruhan menggambarkan nilai-nilai budaya Bangsa. Seperti halnya sebuah bingkai warna yang secara keseluruhan hanya bisa dipahami jika dipandang sebagai suatu kesatuan yang utuh.

"Begitu pula dengan dengan kebudayaan, yang hanya bisa kita resapi dan pahami serta bisa kita nikmati jika dikaji sebagai suatu kesatuan yang utuh, tidak terpecah-pecah. Adat istiadat adalah merupakan sistem nilai dari suatu pranata sosial yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat. Nah, dalam hal ini salah satu unsur adat yang paling penting adalah gotong royong," kata Jeffray.

Dan lagi, menurutnya semangat gotong royong menjadi sangat penting karena di dalam kebersamaan dalam keanekaragaman ini menciptakan perekat dalam kehidupan bermasyarakat. “Dan semangat dan budaya gotong royong ini tidak boleh direnggut oleh arus modernisasi,” ujarnya. (*)

Subscribe to receive free email updates: