JAROT BUKA PASAR MURAH KAPUAS RAYA





www.wartaborneo.com-Sintang||Bupati Sintang, dr. Jarot Winarno, M.Med , PH, membuka kegiatan pasar murah di Pasar Kapuas Raya Kelurahan Menyumbung Tengah, Kecamatan Sintang, Senin ( 13/05/2019 ). Kegiatan ini merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi UMKM Kabupaten Sintang. Kegiatan pasar murah rencananya akan dilaksanakan selama 6 kali di kawasan pinggiran Sintang. Pada H-2 Idul Fitri, Pemda juga berencana akan mengadakan operasi pasar daging murah.

“ Karena di mana mana sekarang isunya harga bahan pokok itu semua naik. Daging naik, beras naik, minyak naik. Selain sembilan bahan pokok itu hari ini juga diadakan elpiji murah yang 3 kg. Tujuan tujuan yang mau kita capai lewat operasi pasar ini, satu kita membantu masyarakat dalam pengadaan konsumsi selama Bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri. Kedua, kita mau melakukan stabilitas harga pasar. Kita mau mengerem kenaikan harga yang melonjak dengan tajam saat saat sekarang ini , " ujar  Bupati Sintang, dr. Jarot Winarno, M.Med , PH.

Jarot berpendapat bahwa ada kenaikan tingkat konsumsi daging.  Hal ini berpengaruh pada harga yang signifikan khususnya pada harga ayam potong. Orang nomor satu di Sintang itu juga mencatat beberapa hal terkait operasi pasar sebelumnya. Hal yang menjadi catatan pada pelaksanaan pasar murah, beberapa tahun yang lalu animo masyarakat terhadap daging beku itu rendah, tahun tahun terakhir ini konsumsi masyarakat akan daging beku di Sintang meningkat cukup signifikan.

" Artinya masyarakat udah lebih percaya pada kualitas dan kebersihan dari daging beku yang kita sediakan. Tahun ini kita tidak cuma menyediakan daging sapi beku tapi juga daging ayam beku. Pemda memberi subsidi untuk 2 kebutuhan daging tersebut, 6 ribu rupiah per kilo untuk daging sapi dan 3 ribu rupiah untuk daging ayam , " papar Jarot Winarno.


Operasi Pasar yang menandai pelaksanaan operasi pasar selanjutnya di beberapa titik baik di kecamatan Sintang maupun kecamatan terdekat lainnya ini disambut antusias dan dipenuhi ratusan masyarakat Kelurahan Menyumbung. Mereka larut dalam kegembiraan karena dapat membeli kebutuhan pokok dengan harga terjangkau pada kegiatan Operasi Pasar yang dilaksanakan Disperindagkop dan UKM di Pasar Kapuas Raya Menyumbung Tengah ini. 

" Jadi saya minta masyarakat di Menyumbung Tengah ini dapat memanfaatkan operasi pasar yang digelar sehari dengan sebaik baiknya. Silahkan ibu ibu yang paling paham dengan harga di pasar untuk membeli. Selama inikan ibu ibu yang paling dominan bicara harga kebutuhan pokok mahal, nah sekarang silahkan beli dengan harga yang terjangkau karena ada beberapa yang disubsidi oleh pemerintah , " ujar Jarot Winarno. 


Kadisperindagkop UMKM Sintang, Sudirman juga memaparkan bahwa pasar murah ini diadakan rutin pada masa Ramadhan dan menjelang Idul Fitri supaya harga harga dapat terkendali. Adapun pasar murah kali ini akan menyediakan 16 komoditi. Mulai dari beras, minyak goring, gula pasir, telur, termasuk sirup dan margarin. Juga daging ayam dan daging sapi beku.

" Kami ingin memberikan kemudahan kepada bapak ibu, masyarakat untuk memperoleh kebutuhan kebutuhan pokok dengan harga yang juga terjangkau selama Bulan Ramadan dan selama Hari Raya Idul Fitri. Kami mengadakan ini di daerah daerah pinggiran Kota Sintang dan juga di Kecamatan Sepauk, Sungai Tebelian dan Dedai " , ujar Sudirman, Kadisperindagkop UMKM Sintang. 



Fauzan, Lurah Menyumbung Tengah, bersyukur atas adanya operasi pasar yang digelar di kelurahan mereka ini. Dirinya menyambut baik adanya pasar murah ini, yang mana sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar untuk membantu mempersiapkan keluarga menyambut Idul Fitri.

“ Alhamdullilah, dengan operasi pasar ini, tidak hanya masyarakat Menyumbung Tengah yang mendapatkan manfaatnya, tetapi juga masyarakat kelurahan kelurahan di sekitarnya. Jadi kami menyambut baik karena operasi pasar ini sangat membantu untuk masyarakat bersiap menyambut lebaran “ , kata Fauzan. 



Salah seorang ibu ibu, warga Menyumbung yang bernama Desi, juga sempat menuturkan kegembiraannya dengan adanya operasi pasar ini.

" Senang ya, bagus sekali. Harganya sangat murah dibandingkan dari harga di toko atau pasar. Jadi saya bisa membeli berbagai macam kebutuhan lainnya , " ujarnya.

Menurutnya, semua yang dijual dalam operasi pasar ini sudah sangat memenuhi kebutuhan para ibu ibu.

" Lebaran sudah dekat, jadi kebutuhan yang dijual ini sudah pas, ada telur, tepung, untuk kita buat kue lebaran , " ungkap Desi kembali. 



Sementara itu, Kabid Perdagangan Disperindagkop dan UKM Kabupaten Sintang, Emiliana Lidya  mengatakan, dalam operasi pasar yang pertama ini, untuk kebutuhan daging dan telur persediaannya mencukupi.

" Untuk persediaan daging beku sebanyak 1 ton, begitu juga telur 1 ton lebih. Hanya saja untuk daging ayam yang hanya 100 kg. Pada operasi selanjutnya akan kita tingkatkan , " ungkapnya.

Emiliana Lidya juga menyampaikan, bahwa rencana kegiatan operasi pasar selanjutnya adalah di beberapa lokasi yakni Manis Raya Kecamatan Sepauk 16 Mei 2019, Kelurahan Batu Lalau Sintang 17 Mei 2019, Keluarahan Mekar Jaya Sintang 18 Mei 2019, Mait Hilir Kecamatan Sepauk 20 Mei 2019, Sungai Tebelian Kajang Baru 21 Mei 2019, Dedai Lundang Baru 23 Mei 2019, Desa Tertung Sintang 25 Mei 2019, Desa Mungguk Bantok Sintang 27 Mei 2019 dan Kelurahan Kapuas Kanan Hulu Sungai Durian Sintang 29 Mei 2019.

" Kita juga akan kembali melibatkan pihak Pertamina untuk LPG 3 kg, dan Bulog untuk beras , " kata Emiliana Lidya.
( Rz )

Subscribe to receive free email updates: