FLORENTINUS ANUM: PERENCANAAN YANG BAIK DIDUKUNG PERATURAN YANG SIFATNYA MENGIKAT

 


www.wartaborneo.com – Sintang: “Perencanaan yang baik didukung peraturan yang sifatnya mengikat, akan mampu mewujudkan  kabupaten lestari dengan ekonomi yang berkembang,” kata Penjabat Sementara Bupati Sintang Florentinus Anum saat  menjadi salah satu narasumber pada Diskusi Panel Global Landscape Forum 2020 di Pendopo Bupati Sintang pada Kamis, (29/10/2020).

 

“Kabupaten Sintang juga sudah punya Peraturan Bupati Sintang tentang Kabupaten Lestari dan rencana aksi daerah untuk mewujudkannya. Kami dalam upaya mewujudkan kabupaten lestari ini sudah melibatkan banyak pihak seperti masyarakat, akademisi dan NGO,” sebut Florentinus Anum. “Sehingga keputusan untuk mewujudkan kabupaten lestari ini merupakan keputusan bersama dan memberikan manfaat bagi masyarakat lokal,” lanjutnya.

 

Florentinus Anum kemudian menjelaskan bahwa pihaknya sangat menghargai kearifan lokal dalam sebuah peraturan, serta berkeinginan agar sumber daya alam dimanfaatkan oleh masyarakat dengan tetap memperhatikan lingkungan yang baik. Florentinus Anum berharap ke depannya memerlukan penelitian dari siapa saja yang peduli dengan lingkungan, kemudian pihaknya memerlukan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat yang masih kuat dengan kearifan lokalnya dalam memanfaatkan sumber daya alami.

 

“Selama ini memang sudah banyak NGO yang sudah membantu kami. Diskusi hari ini sangat baik. Hasilnya sudah ada seperti yurisdiksional profil Kabupaten Sintang,” jelas Florentinus Anum. “Kami ingin membangun ekonomi masyarakat berbasis lingkungan yang lestari. Ada banyak juga rencana kami ke depan untuk memperkuat tujuan Kabupaten Sintang yang lestari. Rencana aksi sudah kami susun,” tambahnya. (*)

Subscribe to receive free email updates: