SINTANG DAPAT HIBAH UNTUK PERBAIKI JEMBATAN

WARTABORNEO.COM – Banjir yang menghantam Sintang tahun 2021 lalu masih menyisakan banyak persoalan, selain degradasi lingkungan yang menjadi faktor kunci, kerusakan sejumlah infrastruktur dasar juga menjadi persoalan besar yang tak kunjung usai hingga setahun pasca banjir. Perbaikan sarana jalan dan jembatan sebagai nadi koneksi masyarakat dan anggaran yang masih minim pasca pandemi covid 19 menyebabkan pemerintah kelimpungan.

Beruntung, pertemuan Bupati Sintang, Jarot Winarno dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sintang beberapa waktu lalu denagn Deputi Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Nasioal (BPBN) di Jakarta memberikan angina segar.

Kabupaten Sintang akan mendapatkan bantuan hibah sebesar 8 miliar rupiah dari BPBN untuk digunakan memperbaiki jembatan-jembatan yang rusak akibat banjir besar tahun lalu.

“Kita dikasih hibah 8 miliar dari BPBN untuk perbaiki jembatan yang rusak kena banjir besar kemarin itu. Bulan ini mereka akan verifikasi ke sini,” ungkap Jarot Winarno, Jumat (11/11/2022).

“Ada 12 jembatan yang akan diperbaiki pakai dana itu. Bukan rangka baja tapi komposit semen, bawahnya pondasi lama, Cuma lantainya semen dengan pagarnya kaya jembatan di Masuka,” ujar Jarot lagi. “Untuk yang banjir sekarang (tahun 2022) ndak cukup kalau diperbaiki juga pakai dana itu, kita akan usahakan pakai dana BTT (belanja tak terduga),” tambahnya.

Anggota komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Alpius menyebutkan bahwa pihaknya sudah mendapatkan informasi tersebut dari BPBD Sintang.

“Tentu kami sangat mendukung dan ikut berterima kasih kepada BPBN atas hibah tersebut. Semoga dengan adanya bantuan tersebut koneksi antar daerah bisa berlangsung dengan lebih baik. Kita juga memujilah atas upaya pemerintah daerah yang terus menerus mencari cara untuk dapat membangun meski kita pun tahu minimnya anggaran pembangunan kita,” kata legislator Partai Kebangkitan Bangsa itu. (*)

Subscribe to receive free email updates: